Uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah | PT. Equityworld Futures Surabaya
Uji coba kali ini merupakan uji coba tahap kedua. Sebelumnya, pada Agustus 2016, program bernama TCASH Ekstra - BTPN Wow! itu telah melakukan uji coba serupa di Medan, Jakarta, Bogor, dan Solo.
"Sosialisasi layanan dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan pihak kelurahan dan agen agar masyarakat dapat betul-betul merasakan manfaat dari layanan yang ditawarkan.
"Sebanyak 98% penerima manfaat berpartisipasi dalam pencairan bantuan sosial tahap pertama. Layanan ini diklaim memiliki mekanisme yang lebih mudah, cepat, dan bisa dicairkan kapan saja di agen terdekat.
Selain itu, jenis pangan dapat dipilih sehingga penerima manfaat bisa mendapatkan kebutuhan pangan dengan kualitas lebih baik,” kata Rudy.
Rudy bilang Uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah merupakan bentuk dukungan Telkomsel dan BTPN kepada pemerintah dalam percepatan keuangan inklusif (financial inclusion) dan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) melalui teknologi informasi.
Uji coba dilakukan di Kelurahan Karanggan dan Kelurahan Telanjung Udik, Bogor (Jawa Barat), Kelurahan Kp. Baru dan Kelurahan Gajahan, Surakarta (Jawa Tengah), Kelurahan Kp. Rambutan dan Kelurahan Kelapa Dua Wetan (Jakarta Timur), serta Kelurahan Matsum II dan Kelurahan Matsum IV, Medan (Sumatera Utara).
”Setiap penerima manfaat ini mendapatkan Rp. 110.000 tarif tunai, dan Rp. 110.000 voucher belanja, tarif tunai pun bisa diendapkan menjadi tabungan,” kata Rudy.
Telkomsel bekerjasama dengan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) berserta Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Mereka melakukan uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah.
Rudi menjelaskan, sebanyak 34 agen BTPN Wow! yang juga merupakan merchant TCASH telah ditunjuk untuk dapat melayani pencairan dana ke lebih dari 1.500 penerima manfaat uji coba.
Hal ini merupakan bagian dari persiapan implementasi penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah tahun 2017 kepada 15 juta penerima manfaat.
Tcash dan BTPN Uji Coba Penyaluran Non Tunai Bantuan Sosial Pemerintah | PT. Equityworld Futures Surabaya
Rudy Hamdani Vice President MFS Operations Telkomsel menjelaskan, bahwa uji coba kali ini merupakan uji coba tahap kedua yang terbagi menjadi 2. Tahap pertama pada awal September, dan kedua pada 5 Oktober 2016.
Uji coba dilakukan di Kelurahan Karanggan dan Kelurahan Telanjung Udik, Bogor (Jawa Barat), Kelurahan Kp. Baru dan Kelurahan Gajahan, Surakarta (Jawa Tengah), Kelurahan Kp. Rambutan dan Kelurahan Kelapa Dua Wetan (Jakarta Timur), serta Kelurahan Matsum II dan Kelurahan Matsum IV, Medan (Sumatera Utara).
“Ini merupakan bagian dari persiapan implementasi penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah tahun 2017 kepada 15 juta penerima manfaat. Sosialisasi layanan dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan pihak kelurahan dan agen agar masyarakat dapat betul-betul merasakan manfaat dari layanan yang ditawarkan,”ujar Rudi di Keranggan Jawa -Barat (05/10/16)
Rudi menuturkan, bahwa penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan Tcash Ekstra dan BTPN Wow tahap pertama mendapat respon yang baik. Sebanyak 98% penerima manfaat berpartisipasi dalam pencairan bantuan sosial tahap pertama, mereka menyebutkan mekanisme yang ditawarkan Tcash Ekstra dan BTPN Wow lebih mudah, cepat, dan bisa dicairkan kapan saja di agen terdekat.
Sebanyak 34 agen BTPN Wow yang juga merupakan merchant Tcash telah ditunjuk untuk dapat melayani pencairan dana ke lebih dari 1.500 penerima manfaat uji coba.
“Dana bantuan untuk masing-masing kepala Rp220 rupiah. Jumlah itu terbagi menjadi dua. Dimana Rp110 dapat dibelanjakan bahan pokok seperti beras, telur dan susu, dan sisanya bisa tarik tunai. Ditambahkan Rudy transaksi Tcash juga aman, karena menggunakan pin enam digit untuk memproteksi transaksi mereka.
Penerima manfaat juga dapat secara langsung mengetahui informasi terkait bantuan sosial dari ponselnya seperti notifikasi distribusi bantuan sosial, jumlah dana bantuan, dan histori transaksi
Layanan penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan Tcash Ekstra dan BTPN Wow meningkatkan efektifitas distribusi dana bantuan menjadi lebih tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat administrasi, mengurangi risiko kebocoran, dan dapat dilakukan kapan saja secara non-tunai.
Proses pengambilan berupa uang atau barang dapat dilakukan dengan mudah di warung merchant Tcash maupun agen BTPN Wow! yang tersebar luas di lingkungan penerima dana bantuan.
“Melalui layanan mobile payment yang berbasis teknologi informasi, Telkomsel lebih jauh dapat membantu pemerintah mendapatkan profil penyaluran bantuan sosial sehingga pemerintah dapat memastikan keakuratan distribusi yang dilakukan,” tutur Rudy.
Telkomsel bekerjasama dengan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) bersama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) melakukan uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah melalui layanan Tcash Ekstra dan BTPN Wow.
Uji coba penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah merupakan bentuk dukungan Telkomsel dan BTPN kepada pemerintah dalam percepatan keuangan inklusif (financial inclusion) dan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) melalui teknologi informasi.
Telkomsel-BTPN Tawarkan Layanan Akses Perbankan | PT. Equityworld Futures Surabaya
BTPN Wow! merupakan sebuah layanan perbankan yang dapat diakses melalui berbagai tipe ponsel dan didukung jasa agen untuk meningkatkan jangkauan bank ke masyarakat di pelosok.
Sementara itu, TCASH merupakan saluran untuk dapat melakukan pencairan dana bantuan pangan. Layanan Near Field Communication (NFC) yang digunakan TCASH akan memberikan banyak kemudahan kepada penerima manfaat dalam bertransak.
Kegiatan tersebut diadakan sebagai bentuk dukungan Telkomsel dan BTPN kepada pemerintah dalam percepatan keuangan inklusif (financial inclusion) dan Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) melalui teknologi informasi.
Vice President MFS Operations Telkomsel Rudy Hamdani mengatakan, uji coba tersebut mendapatkan respons yang baik. Sebanyak 98% penerima manfaat berpartisipasi dalam pencairan bantuan sosial tahap pertama.
Sebagian besar penerima manfaat juga merasa mekanisme yang ditawarkan TCASH Ekstra - BTPN Wow! lebih mudah, cepat, dan bisa dicairkan kapan saja ketika dibutuhkan di agen terdekat.
"Selain itu, jenis pangan dapat dipilih sehingga penerima manfaat bisa mendapatkan pangan dengan kualitas lebih baik," kata Vice President MFS Operations Telkomsel Rudy Hamdani dalam siaran persnya, Rabu (5/10/2016).
Ia menjelaskan, sebanyak 34 agen BTPN Wow! yang juga merupakan merchant TCASH telah ditunjuk untuk dapat melayani pencairan dana ke lebih dari 1.500 penerima manfaat uji coba. Hal ini merupakan bagian dari persiapan implementasi penyaluran non-tunai bantuan sosial pemerintah tahun 2017 kepada 15 juta penerima manfaat.
Uji coba dilakukan di Desa Karanggan dan Kelurahan Tlajung Udik, Kecamatan Gunung Putri, Bogor (Jawa Barat), Kelurahan Kp Baru dan Kelurahan Gajahan, Surakarta (Jawa Tengah), Kelurahan Kp Rambutan dan Kelapa Dua Wetan (Jakarta Timur), serta Kelurahan Matsum II dan Matsum IV, Medan (Sumatera Utara).
Sosialisasi layanan dilakukan secara menyeluruh dengan melibatkan pihak aparat desa dan kelurahan, serta agen agar masyarakat dapat betul-betul merasakan manfaat dari layanan yang ditawarkan.
Dalam uji coba yang dilakukan, Telkomsel dan BTPN bersama dengan TNP2K memanfaatkan rekening BTPN Wow! sebagai saluran bagi para penerima manfaat untuk mendapatkan bantuan sosial yang dikirimkan secara nontunai.
Uji coba kali ini merupakan tahap kedua. Pada Agustus lalu, TCASH Ekstra - BTPN Wow! juga telah melakukan uji coba serupa di Medan, Jakarta, Bogor, dan Solo.